Pengenalan PHP

Posted: October 3, 2009 in Uncategorized

PHP itu apa ya?

PHP adalah PHP Hypertext Prepocessor. PHP itu bahasa scripting Yaitu bahasa yang menciptakan aplikasi web yang mampu membuat web dinamis. PHP pertama kali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf, pada awal tahun 1995. Yang berupa PHP/FI (Personal Home Page / forms Interpreter).

PHP mampu berjalan di semua platform ( Linux, Windows, atau Mac OS). Bahasa pemrograman ini case-sensitive. PHP ini sangat memperhatikan penggunaan tag yang benar dan sesuai prosedurnya. Sampai saat ini PHP sudah berkembang di versi 5. Di banding PHP versi 4 yang lebih cepat, PHP versi 5 sangat mendukung Object Oriented Programming, meskipun lambat.

Untuk mendapatkan PHP harus menginstal XAMPP. XAMPP merupakan tool yang menyediakan beberapa paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstal XAMPP, kita tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP, dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengonfigurasinya secara otomatis untuk kita.

MySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open source. MySQL adalah pasangan serasi dari PHP. MySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQLAB yang berada di Swedia. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada di dalam database. MySQL merupakan sistem manajemen database yang bersif at relasional. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi lebih cepat. MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database relasional yang ada di dalamnya . Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.

Proses dalam PHP

Request dari user sebuah URL lalu ke internet kemudian di konfersi ke server kemudian URL mengandung PHP diubah dalam bentuk HTML kemudian dikembalikan ke komputer user.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s